“ONLINE ENGLISH DEBATE COMPETITION
HIMPUNAN MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA”

Dunia pendidikan perguruan tinggi dituntut untuk selalu bergerak dan mengedepankan lulusan yang memiliki kompetensi dan kualitas. Kualitas lulusan perguruan tinggi bukan hanya dilihat dari bagaimana prestasi akademik mahasiswa yang ditandai dengan tingginya Indeks Perkuliahan Kumulatif (IPK) pada setiap akhir periode pengajaran, akan tetapi juga kompetensi kompetensi tambahan. Kompetensi tambahan ini diperlukan karena pasar kerja hari ini tidak hanya membutuhkan sarjana fresh graduate yang memiliki base knowledge yang tinggi namun juga sarjana yang memiliki wawasan dan keahlian lainnya.

Keahlian yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi terutama sarjana hubungan internasional adalah sifat kerjasama yang baik dan keahlian komunikasi dalam menyampaikan pendapat dan argumennya dihadapan khalayak ramai. Passalnya dalam dunia internasional banyak konferensi dimana setiap individu atau sekelompok orang yang mewakili kelompok atau negaranya harus memperjuangkan kepentingan nasionalnya, meskipun harus beradu argumen dengan lawannya.

Oleh karena itu Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta menyelenggarakan “Online English Debate Competition” pada Rabu, 23 September 2020, hal ini dilakukan sebagai wadah untuk menumbuhkan dan meningkatkan kompetensi kemampuan mahasiswa hubungan internasional dalam bekerjasama dan memperjuangkan argumen dengan lawannya baik bagi mahasiswa HI Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta maupun mahasiswa HI perguruan tinggi lainnya. Kompetisi ini diselenggarakan berbeda dengan kompetisi pada umumnya karena diselenggarakan secara online memanfaatkan media dan teknologi. Selain karena kompetisi ini di selenggarakan di tengah pandemic covid 19, juga untuk mengasah dan mengajak mahasiswa menguasai dan memiliki keterampilan dalam memanfaatkan media dan teknologi.

Dengan adanya kompetisi ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan pengalaman baru dalam debat dan sebagai bekal menuju dunia kerja profesional. Pelaksanaan lomba sendiri sudah dimulai pada bulan Juli untuk melakukan proses administrasi dan kualifikasi berupa penulisan artikel yang kemudian peserta diseleksi oleh panitia dan motivation statement oleh juri yang kemudian dipilih 8 orang yang akan maju ketahap debat online. Adapun peserta yang mengikuti lomba ini berasal dari beberapa Universitas di Indonesia, yaitu :

1. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
2. Universitas Darussalam Gontor
3. Universitas Nasional
4. Universitas Udayana
5. Universitas Lampung
6. Universitas Pertamina
7. Universitas Sriwijaya
8. UIN Sunan Ampel Surabaya
9. Universitas Alma Ata

Sistem lomba debat ini adalah gabungan dari sistem MUN (Model United Nations) dan British Parlementary, dimana lomba debat ini tidak terdiri dari kelompok melainkan individu seperti sistem MUN, namun konsep debatnya itu sendiri mengambil konsep British Parlementary, berikut sesi debat lebih lengkapnya :

  1.  Sesi pertama yaitu opening remarks, dimana para peserta diberikan durasi waktu selama maksimal 7 menit 20 detik untuk memaparkan argumen mereka, disesi ini peserta hanya diperbolehkan untuk berbicara satu kali dan tidak diperbolehkan untuk menyanggah argumen lawan.
  2. Sesi kedua yaitu rebuttals session, sesi ini adalah sesi saling sanggah menyanggah. Peserta diperbolehkan menyanggah beberapa kali semau mereka selama mereka diperkenankan oleh moderator untuk berbicara. Dalam sesi ini peserta diberikan waktu 3 menit setiap kali berbicara.
  3. Sesi ketiga/terahir yaitu closing remarks, dimana setiap peserta mempromosikan diri mereka kepada juri mengapa mereka layak untuk menjadi pemenang. Dalam sesi terahir ini peserta hanya diperbolehkan berbicara 1x dengan durasi waktu maksimal 4 menit 20 detik.

Pengumuman pemenang diumumkan pada Kamis, 24 september 2020 melalui instagram @himahiuta45jkt dan grup whatssapp peserta. Untuk UTA’45 Jakarta sendiri berhasil menjadi Juara harapan 1 atas nama Maharani Putri Adamy dengan nilai rata-rata 73,44.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *